Got My Cursor @ 123Cursors.com

Minggu, 06 November 2011

Resensi Buku

by : Me


I.     Identitas Buku
1.        Jenis Buku               : Nonfiksi
2.        Judul                        : Belajar Mandiri Bahasa Jepang Untuk Pemula
3.        Pengarang                : Helena Gilhooly (Alih Bahasa : Agustina Reni Eka)
4.        Penerbit                   : Grasindo
5.        Tahun Terbit            : 2000
6.        Tebal Buku              : 408 halaman
7.        Panjang Buku           : 20,1 cm
8.        Lebar Buku              : 13,1 cm
9.        Warna Buku            : Putih

II.    Rangkuman
       Melihat perkembangan negara Jepang yang semakin pesat saat ini, wajar saja semakin banyak pula masyarakat dari berbagai negara ingin mengenal negara Sakura ini lebih jauh. Salah satunya adalah dengan mempelajari bahasa Jepang itu sendiri. Sehingga telah hadir di berbagai negara, misalnya saja Indonesia, buku-buku panduan bahasa Jepang. Dengan begitu banyaknya buku-buku panduan bahasa Jepang yang ada, sehingga bagi penulis buku panduan bahasa Jepang dituntut untuk menciptakan buku yang berkualitas guna menarik perhatian para pembaca. Begitu juga dengan buku ini, berusaha untuk memaparkan secara rinci hal-hal yang perlu dipelajari untuk dapat berbahasa Jepang.
       Helen Gilhooly menulis buku Belajar Mandiri Bahasa Jepang Untuk Pemula ini secara cermat, sehingga mudah diikuti. Buku ini dibagi dalam dua bagian. Bagian pertama, menuntun Anda mengenal dan mempelajari dasar-dasar fundamental ketatabahasaan, disertai dengan dialog-dialog sederhana seperti memberi salam, menanyakan kabar, memperkenalkan diri, hitungan sederhana, menanyakan informasi orang lain, menanyakan pukul, menanyakan letak, bagaimana cara mengundang seseorang, memberitahukan suatu berita, dan banyak lagi. Selain itu, tak lupa ditambah dengan penjelasan-penjelasan penting, serta kosakata. Pada bagian kedua, Anda diajak untuk mempraktikkan segala sesuatu yang baru saja Anda pelajari.

III.  Kelebihan dan Kekurangan
A.      Kelebihan
        Saya pribadi merasa bahwa buku ini sangat bagus. Buku ini memliki bergudang kelebihan dibanding dengan buku-buku panduan bahasa lainnya. Yang pertama, sebelum masuk ke materi pembelajaran, buku ini mencantumkan dasar-dasar fundamental ketatabahasaan, baik struktur kata Jepang maupun cara pelafalan bunyi setiap kata atau suku kata. Dilengkapi juga dengan penjelasan  mengenai hal-hal penting, seperti simbol atau singkatan tertentu, yang mungkin kita temukan pada materi pembelajaran, serta kiat-kiat sukses belajar bahasa Jepang. Hal ini akan sangat membantu kita untuk mempelajari materi pada bab-bab berikutnya. Terutama ketatabahasaan tersebut. Misalnya, kita sama sekali tidak mengenal bahasa tersebut, maka dengan adanya pengenalan terlebih dahulu, bukankah sangat membantu? Tentu saja!
        Kelebihan buku ini yang sangat jempolan adalah bagaimana si penulis sangat sangat cermat dan teliti dalam memaparkan setiap materinya. Sehingga setiap materi terurai dengan begitu mendetail. Dimulai dengan memberi point-point tujuan umum dari keseluruhan bab yang akan dipelajari, diikuti contoh-contoh yang diangkat dari kehidupan nyata, seperti percakapan, penjelesan rinci mengenai point-point penting dari materi, serta kotak kosakata dan petunjuk-petunjuk cara penggunaan kata tertentu maupun cara pengucapannya.
        Buku ini juga unggul dari segi bahasa. Segalanya dijelaskan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang sederhana dan sangaat mudah dimengerti. Dan buku juga banyak menyerap bahasa Inggris, misalnya jika kita tidak mengerti makna suatu kata atau pengucapannya dalam bahasa Jepang, maka penulis buku berusaha mengumpamakannya ke dalam bahasa Inggris. Yang bagaimana pun, kita pastilah lebih mengerti bahasa Inggris daripada bahasa Jepang yang cukup baru bagi kita.
        Dan yang membuat kita lebih gampang dalam memahami setiap materi adalah keberadaan penulis, maksudnya di sini, penulis seolah-olah langsung mengajari kita, hanya saja dalam bentuk tulisan. Penulis menggunakana kata ‘Anda’, sehingga menimbulkan kesan bahwa buku ini mempunyai sudut pandang orang pertama. Sehingga kita lebih merasa dekat dan nyaman dalam belajar. Serta, di setiap bab-nya, penulis memberikan saran atau tips bagi pembaca.
        Hal yang lebih menarik lagi adalah pada setiap babnya, penulis mengikutkan hal-hal khas tentang kebudayaan Jepang, baik panggunaan kata tertentu, tata krama, tata cara perlakuan tertentu, maupun kebiasaan-kebiasaan khas orang Jepang, disertai gambar-gambarnya agar mudah ditiru. Hal ini akan membantu kita untuk memahami kebudayaan Jepang itu sendiri. Apalagi jika kita berkunjung ke Jepang, kita dapat menerapkan hal-hal ini, sehingga kita tidak canggung lagi.
        Kelebihan lain dari buku ini adalah contohnya yang unik dan menarik. Jadi contohnya itu merupakan percakapan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh yang sedari awal sudah dikenalkan kepada pembaca. Percakapan semakin tinggi sesuai dengan tingkatan materi, dan percakapan itu dilakonkan oleh tokoh-tokoh itu sendiri. Jadi, secara sadar atau tidak sadar pembaca akan mengerti bahwa percakapan yang ada dalam buku memang benar-benar terjadi pada kehidupan sehari-hari kita.
        Kelebihan tambahan  yang membuat buku ini ‘lebih’ adalah setiap bab terdapat latihan-latihan guna melatih dan mengasah kemampuan kita atas pembelajaran yang baru saja kita lakukan, dilengkapi dengan kunci jawabannya. Disertai juga dengan gambar-gambar yang mendukung materi. Dan, disalah satu bab, kita disajikan bab khusus mempelajari huruf Kanji.
       

B.      Kekurangan
      Dari begitu banyaknya kelebihan buku ini, tapi ada beberapa kekurangannya. Yaitu gambar-gambar yang terdapat pada buku, tidak berwarna. Sampul bukunya juga tidak begitu menarik. Bagaimana pun juga, sampul yang menarik dan gambar yang berwarna, dapat mempengaruhi minat baca bagi pembaca. Terutama jika pembaca tidak tertarik kepada buku hanya karena sampulnya. Karena tidak banyak pembaca yang tidak hanya sekedar menilai sampulnya, tetapi isi buku itu sendiri, berbobotkah atau tidak. Jadi, kekurangan dari keseluruhan buku ini hanya terletak pada desainnya saja.

Tidak ada komentar:


Got My Cursor @ 123Cursors.com

Got My Cursor @ 123Cursors.com

Got My Cursor @ 123Cursors.com